Rabu, 19 Januari 2011

Berapa Lama Makanan Tinggal di Perut Anda?

Apakah Anda pernah makan terlalu banyak dan merasa perut kembung, sangat tidak menyenangkan bukan? Anda pasti berharap agar rasa perut kembung itu menghilang. Berapa lama makanan tinggal di dalam perut dan apakah mungkin mempercepat makanan meninggalkan perut?
Ketika Anda makan makanan yang terdiri dari bahan makanan padat,
dibutuhkan rata-rata empat dan lima jam untuk semua makanan keluar dari lambung menuju ke usus kecil. Cairan bergerak lebih cepat daripada makanan padat, dan biasanya cairan dua kali lebih cepat keluar dari perut ketimbang makanan padat.
Komposisi makanan yang Anda makan juga mempengaruhi berapa lama makanan tinggal di perut Anda. Makanan tinggi karbohidrat, terutama karbohidrat yang tidak mengandung banyak serat, merupakan makanan yang paling cepat keluar dari perut diikuti oleh protein dan kemudian lemak. Makanan tinggi serat sangat lambat keluar dari perut, sehingga tidak mengherankan bahwa makanan kaya serat membuat Anda kenyang lebih lama.
Dapatkah kita mempercepat makanan keluar dari perut kita? Bukankah lebih baik untuk mempercepat makanan keluar dari perut Anda ketika Anda terlalu penuh dan kembung? Beberapa orang, khususnya penderita diabetes, menderita kondisi yang disebut gastroparesis, dimana kontraksi otot yang mendorong makanan keluar dari lambung ke dalam usus kecil sangat lemah. Hal ini mengakibatkan keterlambatan pengosongan lambung dan menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan seperti mual, muntah, distensi perut dan masalah makan dalam jumlah makanan yang banyak.
Pengobatan gastroparesis agar makanan keluar dari lambung lebih cepat dapat dilakukan, tetapi sebagian besar perawatan belum sangat bermanfaat dan beberapa resep obat memiliki efek samping yang serius.
Tetapi ada beberapa cara alami untuk mempercepat makanan keluar dari perut. Salah satunya adalah dengan makan lemak dan makanan tinggi serat lebih sedikit jika Anda memiliki kecenderungan kembung. Hal ini juga membantu daripada tidur siang di kursi malas.
Intinya, makanan rata-rata keluar dari dalam perut memakan waktu empat sampai lima jam, tapi bervariasi tergantung pada seberapa banyak makanan Anda dan jenis makanan Anda. Untuk mengosongkan perut Anda dengan cepat, dapat anda lakukan dengan membatasi makanan tinggi-serat dan lemak, dan minum lebih banyak cairan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar