Rabu, 21 November 2012

Genetika

Genetika - Seorang ibu yang mempunyai mata sipit dapat melahirkan anak yang juga bermata sipit. Tidak menutup kemung kinan, anak yang dilahirkan dapat juga mempunyai mata lebar seperti yang dimiliki oleh ayahnya. Nah, faktor-faktor yang dapat mempengaruhi munculnya sifat ini terdapat di dalam sel tubuh yang disebut materi genetik. Ilmu yang mempelajarinya disebut genetika. Karena itu, kalian perlu mempelajari lebih lanjut, apa saja dan bagaimanakah materi genetik itu?

Pada bab berikut, kalian akan mempelajari materi genetik (meliputi kromosom, DNA, RNA, dan gen) serta mempelajari tahapan sintesis protein. Dengan mempelajarinya, kalian diharapkan dapat menjelaskan perbedaan antara kromosom, DNA, RNA, dan gen meliputi struktur, fungsi, dan hubungan antara ketiganya. Selain itu, kalian diharapkan dapat menjelaskan tahapan dalam sintesis protein meliputi replikasi, transkripsi dan translasi.

1. Materi Genetik

2. Tahapan Pembelahan Mitosis

3. Pembelahan Sel Meiosis

4. Gametogenesis dan Pewarisan Sifat


Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar