Rabu, 21 November 2012

Komponen Kromosom


Komponen Penyusun Kromosom - Di dalam sel, setiap kromosom berpasang-pasangan dengan kromosom lain yang identik, sehingga disebut kromosom homolog. Setiap pasang kromosom tersebut merupakan pasangan kromosom homolog. Kromosom mempunyai komponen utama, antara lain: DNA (Deoxyribo Nucleic Acid atau asam nukleat deoksiribosa), protein histon, dan protein non histon. Protein histon bersifat basa kuat dan menetralkan keasaman DNA. Lalu, apa hubungan antara histon dengan DNA?

Histon adalah protein berbentuk seperti manik-manik yang membentuk untaian. DNA melipit atau mengelilingi kumpulan histon (setiap 8 histon) tersebut dan membentuk ikatan dengan histon. Kumpulan manik-manik histon yang dikelilingi oleh DNA ini membentuk struktur disebut nukleosom. Setiap nukleosom tersusun oleh 8 manik dengan 1 atau 2 lilitan DNA. DNA dan protein histon tersebut terdapat pada bagian kromomer.

Nukleosom
Gambar 1.1. Nukleosom

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar