Minggu, 21 Agustus 2011

Perlukah Olahraga Saat Hamil?



Sebenarnya saat hamil perlu olahraga nggak sih?

Jawabannya adalah perlu. Sekalipun dalam kondisi hamil, olahraga tetap penting lho. Bahkan dokter pun menyarankan agar olahraga tetap dilakukan baik di masa hamil muda hingga hamil tua.

Di antara Anda mungkin ada yang bertanya-tanya, apakah tidak bahaya tuh?

Tentu saja tidak, karena porsinya tentu berbeda dari biasanya ya. Hmm... apa sih manfaat olahraga saat sedang hamil?

1. Menjaga mood

Olahraga meningkatkan hormon seratonin yang dibutuhkan otak untuk meningkatkan mood. Sedangkan saat hamil, mood cenderung tiba-tiba turun. Dengan olahraga, mood akan tetap terjaga dan senyum di wajah Anda tetap akan berkembang.

2. Persiapan kelahiran

Menurut tradisi nenek moyang, saat hamil justru tak boleh bermalas-malasan. Bahkan pada beberapa tradisi, seperti di Jawa, seorang wanita yang sedang hamil diminta untuk mengepel lantai sambil berjongkok. Konon, gerakan semacam itu mampu melatih otot kaki dan pinggul sehingga lebih mudah saat melahirkan.

Sedikit banyak hal tersebut benar, karena otot akan lebih siap, stamina tentunya lebih banyak tersedia jika Anda berlatih sebelumnya.

3. Mengurangi sembelit

Sembelit kerap dialami oleh wanita hamil, sayangnya tak diijinkan untuk mengonsumsi obat-obatan saat sembelit menyerang. Namun dengan berolahraga sembelit tersebut berangsur-angsur akan hilang.

4. Menjaga berat badan

Naiknya berat badan karena sedang hamil itu wajar, namun Anda tetap harus menjaga berat badan agar tak berlebihan. Bukan hanya untuk Anda, tetapi untuk janin yang ada di dalam kandungan Anda. Asal jangan melakukan latihan yang terlalu berat ya, jogging kecil saja sudah cukup memberi sumbangan latihan ini.

5. Mengurangi stres

Siapa sih yang tidak cemas memantau perkembangan dan menunggu kelahiran si bayi. Well, semua ibu pasti cemas dan tertekan. Rasa itu kemudian berkembang menjadi stres yang menyebabkan seorang wanita yang sedang hamil mengalami susah tidur. Olahraga akan mengurangi stres pada diri, sehingga kualitas tidur lebih terjaga dan tubuh lebih fit.

6. Sembuh lebih cepat

Tubuh yang telah dipersiapkan dengan berolahraga sebelumnya, akan lebih mudah pulih setelah melahirkan. Tak ada rasa lelah dan lesu, yang ada hanyalah Anda lebih enerjik dan cepat kembali pada kondisi stamina semula.

Untuk latihan yang Anda perlukan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan Anda agar porsinya bisa disesuaikan seperti kemampuan yang Anda miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar