Sabtu, 24 Desember 2011

legenda Osama Bin Laden

Legenda Osama Seluas SamuderaOsama bin Laden kemudian mendirikan al-Qaeda, secara formal dibentuk tanggal 20 Agustus 1988


Osama bin Laden adalah legenda. Sepak terjangnya sejak menjadi sekutu Amerika Serikat hingga balik badan dan menjadi musuh utama negeri adidaya itu, mirip ceritera film Hollywood.


Barangkali pula karena sumber informasi yang berkaitan dengan jutawan Arab itu sebagian besar dipasok dari Amerika Seraikat. Sedangkan sosok teroris nomor wahid itu hanya sesekali meladeni klaim-kalim Amerika Serikat itu dengan muncul dalam rekaman video, yang tidak jelas lokasi dan kapan dibuatnya. Isinya hampir sama, berupa ancaman terhadap Barat yang selalu diulang-ulang.


Bahkan tidak sedikit yang meragukan apakah bin Laden itu benar adanya atau sekedar rekaan belaka. Bukan hal yang sulit mendandani pria Arab kurus berjenggot dan mengenakan sorban, kembar lima sekali pun. Semua bisa menjadi Osama bin laden.


Banyak yang tidak masuk akan dengan perburuan bin Laden. Termasuk ketika Amerika Serikat menyebutkan kalau lelaki itu menderita diabetes dan hidup di gua-gua pedalaman Afghanistan.


Agak sulit dipahami lelaki lewat paruh baya mengalami diabetes dan rutin cuci darah tinggal berbulan-bulan di gua. Peralatan intelijen Amerika Serikat yang lebih dari 10 tahun memantau pergerakannya, tidak mampu menemukan sang legenda. Bahkan selang-selang bekas cuci darahnya pun. Kalau saja benar bin Laden menyandang diabetes kronis.


ketika dunia mulai bosan dengan ceritera yang tak berkesudahan itu, tiba-tiba saja bin Laden dikabarkan tewas dalam operasi militer Amerika Serikat.


"Keadilan telah ditegakkan," kata Presiden barack Obama saat mengumumkan kematian bin Laden tanggal 2 mei 2011.


Osama bin Laden ditembak di rumahnya di kota Abbottabad, wilayah sejuk tempat orang kaya tetirah di Pakistas. Bukan di gua-gua perbukitan Tora Bora, Afghanistan seperti yang selama in disebut Washington tempat petsembunyian Osama bin Laden.


Masa Kecil


Nama lengkap lelaki kharismatik ini adalah Osama bin Mohammed bin Awad bin Laden, lahir di Riyadh, Arab Saudi tanggal 10 Maret 1957.


Nama Osama mempunyai banyak versi terjemahan dari bahasa Arab ke Inggris. FBI, CIA dan pemerintah Amerika Serikat menyebutnya Usama bin Laden atau Usama bin Ladin yang disebut dalam kode sandi sebagai UBL.


Media Prancis menyebutnya Oussama ben Laden, ada juga yang menulis Binladen atau Binladin. Hingga meninggal, pemilik nama tidak pernah menyebutkan versi yang disetujuinya.


Ayah Osama adala Mohammeed bin Awad bin Laden adalam milyuner berbisnis kontruksi yang dekat dengan keluarga kerajaan Arab Saudi. Osama lahir dari istri kesepuluh, Hamida al-Attas.


Sesaat setelah Osama lahir, pasangan ini bercerai. Mantan suaminya memperkenalkan Hamida ke mitra bisnisnya, Mohammed al-Attas, yang kemudian menikahinya sekitar akhir tahun 50-an atau awal tahun 60-an.


Pasangan ini kemudian memiliki empat anak. Osama bin Laden tinggal bersama saudara tirinya. Dari bisnis kontruksi ayahnya, Osama mendapat warisan sekitar 30 juta dolar.


Osama kecil dibesarkan dalam lingkungan islam Wahabi. Dari tahun 1968 hingga 1976 mengenyam pendidikan dari sekolah sekular Al-Thager Model School. Dia belajar ekonomi dan administrasi bisnis di King Abdulaziz University.


Kemudian meraih gelar sarjana teknik sipil pada tahun 1979 dan administrasi publik tahun 1981. Ada pula yang meragukan kelulusan Obama. Meskipun terkenal pintar dan pekerja keras namun disebut-sebut pada tahun ketiga, Osama dropt out.


Saat itulah Osama mulai tertarik dengan agama, terlibat dalam pemahaman jihad dan belajar al Quran. Di lain pihak dia juga menyukai puisi, musik dan sepak bola.


Istri-istri


pada usia 17 tahun Osama menikah dengan Najwa Ghanem di Latakia, Suriah. Mereka bercerai sesaat sebelum tangal 11 September 2001.


Istri yang lain adalah Khadijah Sharif, menikah 1983 bercerai tahun 1990-an. Kemudian Khairiah dinikahi tahun 1985, Siham Sabar (1987), dan Amal al-Sadah (2000).


Ada juga yang menyebutkan istri keenamnya bamun tidak diketahui namanya. Osama dikabarkan menceraikan istri ke-6 ini segera setelah prosesi pernikahan selesai.


Osama bin Laden dikabarkan memiliki anak anak 20 hingga 26 dari istri-istrinya itu. Sebagian anak Osama bin Laden terbang ke Iran setelah serangan 11 September. pemerintah Iran dikabarkan memonitor pergerakan anak-anak bin Laden.


Mujahidin


Sesaat setelah meninggalkan dunia kampus, bin Laden pergi ke Pakistan bergabung dengan Abdullah Azzam, ambil bagian dalam perang melawan Uni Soviet.


Selama Operasi Cyclone dari tahun 1979 hingga 1989, Amerika Serikat menyediakan bantuan keuangan dan senjata bagi pemimpin Mujahidin melalui badan intelijen Pakistan (ISI).


Osama bertemu dan membangun hubungan dengan Hamid Gul, jenderal bintang tiga yang mengepalai ISI. Meskipun didanai Washington, pelatihan kelompok militan dilakukan sepenuhnya oleh angkatan bersenjata Pakistan dan ISI.


Tahun 1984 Osama dan Azzam mendirikan Maktab al-Khidamat yang mengorganisir kelompok militan di dunia Arab. melalui al-Khidamat, bin Laden menggunakan uang warisannya untuk mendanai operasi tersebut.


Tahun 1988 bin Laden keluar dari Maktab al-Khidamat. Azzam mendukung pejuang Afghanistan sementara Osama memilih gaya militer. Osama memilih berpisah karena Azzam menghendaki militan Arab bersatu dengan Afghanistan, bukannya menjadi kekuatan masing-masing.


Osama bin Laden kemudian mendirikan al-Qaeda, secara formal dibentuk tanggal 20 Agustus 1988.


Disebutkan bahwa al-Qaeda adalah organisasi faksi Islam yang tujuannya untuk kemuliaan dan kemenangan Allah. Syarat untuk menjadi anggotanya adalah kemampuan mendengar, perilaku baik, patuh dan bersumpah mengikuti jejak senior.


Saat Uni Soviet mundur dari Afghanistan, Osama kembali ke Arab Saudi dan disambut bak pahlawan jihad, yang disebutnya membawa Arab unggul dari Uni Soviet.


Invasi Irak ke Kuwait, 2 Agustus 1990 menjadi titik balik sikap Osama. Segera setelah Arab Saudi mengundang kehadiran tentara Amerika Serikat, Osama menentang kehadiran Barat.


Apalagi setelah FBI merazia dan menangkap El Sayyid Nosair di rumahnya di New Jersey (8/11/90), menangkap Ali Mohamed yang dituduh merencana serangan terhadap gedung pencakar langit di New York.


bin Laden secara terbuka menentang pemerintah Arab Saudi yang sangat dekat dengan Amerika Serikat. Dengan segera Arab Saudi menekan bin Laden. Osama kemudian mengasingkan diri ke Sudan pada tahun 1992.


Di Sudan Osama memperkuat operasi mujahidin di Khartoum. Semasa itu pula Osama giat berbisnis bidang infrastruktur dan pertanian.


Hubungannya dengan Arab tetap tegang bahkan Raja Fahd mengirimkan misi ke Sudan untuk mencabut paspor Osama. Keluarganya di Arab membekukan aliran dana Osama sebesar tujuh juta dolar per tahun.


Puncak sepak terjang Osama bin Laden dan al-Qaeda adalah serangan 11 September 2001. Dituduh terlibat, merencanakan dan menjalankan operasi pembajakan empat pesawat komersial, menabrakanya ke gedung kembar World Trade Center di New York. Dua pesawat lainnya dijatuhkan di gedung Pentagon, Arlington Virginia.


Kejadian itu menewaskan 2.974 korban termasuk 19 orang pembajak.


Sebagai respon, Amerika Serikat melancarkan apa yang disebutkan Perang Terhadap Teror. 


Sejak itu hampir selalu aksi teror yang terjadi di muka bumi, Osama dan al-Qaeda adalah nama pertama yang secara latah disebut sebagai pelaku atau setidaknya terlibat.


Kematian Osama tidak membuat permusuhan sirna


Dalam serangan yang disebut Operation Neptune Spear, tentara khusus Amerika Serikat mengepung rumah berlantai tiga di Abbottabad selama 40 menit, lalu Presiden Obama yang menyaksikan di Operation Room memerintahkan penembakkan, kemudian Obama tewas berlumur darah di tempat tidur.


Dalam 24 jam, jasad Sang Legenda dikubur di lautan.


Beberapa jam kemudian pengepungan itu membuat Pakistan meradang. Negara di Asia Selatan itu tersinggung karena operasi itu dilakukan di wilayahnya tanpa dilibatkan.


Washington membalas dengan menuduh Pakistan melindungi Osama. Bagaimana mungkin Osama tinggal selama lima tahun terakhir tanpa terdeteksi intelijen Pakistan.


Rumah Osama bin Laden yang berlantai tiga itu dibangun kurang dari satu mil dari pusat pangkalan militer Pakistan dan h

Tidak ada komentar:

Posting Komentar