Kamis, 06 Desember 2012

Cara Memasak Tomat

Cara Memasak Tomat - Berikut ini adalah tips untuk mengolah tomat supaya menjadi pelengkap yang istimewa bagi masakan anda.

buah tomat di keranjang
Buah tomat segar (Foto: NOVA/DANIEL SUPRIYONO)


  1. Tomat akan terasa asam jika dimasak dengan menggunakan panas tinggi. Sebaiknya gunakan panas rendah agar rasa manis yang dihasilkan tomat tidak hilang.
  2. Gunakan panci atau wajan yang nonreaktif, semisal panci stainless steel, enamel, antilengket, atau dari beling, saat memasak tomat, karena bisa menghindari reaksi wajan/panci. Panci yang terbuat dari aluminum bisa bereaksi dengan bahan makanan yang mengandung asam. Akibatnya, makanan berubah warna dan rasa.
  3. Simpan tomat yang masih utuh di dalam suhu ruang, namun begitu sudah dipotong/diiris, sisanya harus dimasukkan ke dalam lemari es untuk menghindari tumbuhnya bakteri.
  4. Buat saos tomat sendiri. Caranya, seduh tomat yang sudah dikerat-kerat. Buang biji dan kulitnya, blender, lalu tambakan gula, garam, pengental. Masak sambil diaduk hingga meletup-letup. Masukkan dalam botol yang sudah direbus. Mudah, bukan?
Sumber : Kompas (Selasa, 21 Oktober 2008 | 13:46 WIB)

Anda sekarang sudah mengetahui Cara Memasak Tomat. Terima kasih atas kunjungan anda ke Blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar