Jumat, 07 Desember 2012

Macam-macam Infeksi Sendi

Macam-macam Infeksi Sendi - Infeksi sendi dapat terjadi karena adanya infeksi kuman yang menyerang sendi. Misalnya, infeksi gonorhe dan sifilis, kemudian juga layuh semu. Infeksi gonorhoe dan sifilis diakibatkan oleh kuman gonorhoe dan sifilis yang menyerang persendian sehingga persendian menjadi kaku. Sementara layuh semu disebabkan oleh kuman sifilis yang menyerang cakra epifisise. Cakra epifisise adalah daerah pemanjangan tulang. Infeksi sifilis ini terjadi pada seseorang sejak dalam kandungan. Akibatnya, bayi yang lahir memiliki tulang yang tak bertenaga (layuh).Kelainan tulang akibat infeksi antara lain sebagai berikut. (Baca : Gangguan dan Kelainan pada Tulang)

1. Artritis eksudatif

Artritis eksudatif adalah peradangan pada sendi dan terisi cairan nanah.

2. Artritis sika

Artritis sika yaitu peradangan sendi sehingga rongga sendi menjadi kering (kekurangan minyak sinoval).

3. Layuh sendi atau layuh semu

Layuh sendi atau layuh semu adalah suatu keadaan tidak bertenaga pada persendian akibat rusaknya cakraepifisis tulang anggota gerak.

4. Nekrosis

Nekrosis adalah kerusakan pada cakraepifisis tulang hingga sebagian tulang mati dan mengering.

Kuman sifilis dan TBC juga dapat menyebabkan infeksi sendi.

Referensi :
Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk SMA dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar