Kamis, 06 Desember 2012

Tomat : Nutrisi, Likopen, Produk Olahan, Cara Mengolah

Tomat : Nutrisi, Likopen, Produk Olahan, Cara Mengolah - Tomat tergolong sayuran paling populer di dunia karena bisa ditemui di manapun. Bukan hanya itu, tomat juga sangat mudah diolah menjadi sajian yang lezat. Dipadu dengan rempah segar, ayam, daging, seafood hingga pasta dan nasi. Apa saja yang perlu diperhatikan saat mengolah tomat? Apa saja jenis olahannya? Simak info kompletnya berikut ini!

produk olahan tomat
Produk olahan tomat (Foto: detikFood)

Sarat Nutrisi

Tomat sering disebut sebagai 'love apple' atau apel cinta karena kandungan nutrisinya yang padat. Kecuali itu bentuk tomat yang sexy dan warnanya menyala dianggap cocok untuk mewakili 'cinta'. Tomat tergolong sayuran yang kaya vitamin A dan C dan juga sangat kaya akan potassium. Dari berbagai riset juga sudah terbukti bahwa kandungan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan sangat bagus untuk menangkal sel kanker. Karena nutrisinya yang sarat tomat pun menjadi andalan berbagai bangsa di dunia untuk menjaga kesehatan. 

Jenis Tomat

Tomat segar yang dijual di pasaran ada yang bundar, lonjong (gondola) dan ada pula yang kecil (tomat ceri). Jika ingin segera diolah pilih tomat yang merah menyala dan masak pohon. Namun, jika ingin disimpan lama, masukkan tomat ke dalam kantong plastik, beri lubang dan simpan dalam lemari es. Tomat muda yang berwarna hijau dengan rasa asam yang kuat juga enak diolah sebagai sambal atau acar dengan paduan cabai. 

Olahan Tomat

Tomat merupakan sayuran yang unik. Proses pengolahan tomat justru mempermudah penyerapan likopen dalam tubuh. Karena itu jenis olahan tomat seperti saus tomat, tomat pasta, tomat pure dan tomat kalengan justru sangat tinggi kandungan likopennya. Proses pemasakan memecahkan sel dalam tomat dan meningkatkan karotenoid. Jika disantap dengan sedikit lemak, kandungan lychopene justru makin mudah diserap tubuh. 

Paduan Bumbu

Rasa asam segar membuat tomat sangat cocok dipadu dengan cabai, bawang putih, bawang Bombay, rempah segar, susu, keju, dan beragam sayuran lain. Usahakan agar pamakaian bumbu tidak berlebihan agar rasa khas tomat tidak 'tenggelam' dalam bumbu. Tambahkan sedikit gula pasir agar rasa asam tomat tidak terlalu tajam.


Penulis : Odilia Winneke
Sumber : detikFood (Kamis, 28/06/2007 10:31 WIB)

Anda sekarang sudah mengetahui Nutrisi Tomat, Produk Olahan Tomat, dan Cara Mengolah Tomat. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar