Kamis, 21 Oktober 2010

Apakah Makan Hati Menyehatkan Bagi Tubuh

Apakah makan hati menyehatkan? Ibu-ibu kadang-kadang sering memberi makan hati pada anaknya agar tumbuh sehat dan kuat. Apakah memang benar hati mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan?
Hati mengandung kandungan gizi yang sangat baik. Hati tidak hanya mengandung protein, tetapi juga kaya akan vitamin. Walaupun begitu, banyak orang tidak suka makan hati,
padahal hati merupakan sumber vitamin A, vitamin B12, dan riboflavin yang baik,  dan vitamin B lainnya.
Pada Kenyataanya, hati mentah mengandung vitamin B12 yang sangat tinggi, bahkan secara historis hati digunakan untuk menyelamatkan nyawa orang untuk pengobatan anemia pernisiosa. Anemia Pernisiosa merupakan suatu kondisi yang disebabkan ketidakmampuan tubuh untuk menyerap B12. Hati juga merupakan sumber mineral besi, tembaga, seng, dan selenium yang baik.
Meskipun hati sangat baik untuk kesehatan dan tidak terlalu banyak mengandung lemak, anda tetap harus membatasi pengkonsumsian hati, karena hati mengandung kolesterol yang tinggi, yang bisa menjadi masalah bagi orang-orang dengan gangguan lipid. Fakta bahwa hati mengandung zat besi yang tinggi belum tentu baik.
Wanita pra-menopause banyak membutuhkan zat besi tambahan dalam makanan mereka, tetapi pada pria dan wanita yang lebih tua dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan bahkan masalah hati ketika mereka makan terlalu banyak zar besi. Pada tingkat tinggi, zat besi adalah pro-oksidan, yang berarti dapat berkontribusi pada kerusakan sel.
Masalah lainnya adalah hati merupakan tempat racun, pestisida seperti dioxin dan logam berat terutama kadmium. Obat-obatan dimetabolisme oleh hati, jadi ketika hewan mendapatkan antibiotik atau obat lain, obat-obat tersebut dipecah di dalam hati, tapi juga disimpan dalam jaringan lemak di hati itu sendiri, jadi mau tidak mau anda bisa saja mendapat dosis besar dan kuat antibiotik, hanya dengan memakan sepotong hati.
Hati adalah suatu sumber vitamin A, dan terlalu banyak makan vitamin A dalam jumlah besar dapat menyebabkan keracunan. Bahkan, secara historis orang telah meninggal akibat keracunan vitamin A karena makan hati terlalu banyak.
Hati memang sangat bergizi, tapi sebaiknya dalam memakannya harus dikontrol, terutama jika Anda seorang laki-laki atau perempuan pasca-menopause yang tidak membutuhkan zat besi terlalu banyak. Ketika memilih hati sapi, carilah hati dari hewan yang dibesarkan di padang rumput karena hati mereka mengandung asam lemak omega-3 yang lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar