Senin, 18 Oktober 2010

Cara Mengatasi Kepedasan

Apakah Anda penggemar makanan yang pedas? Anda tentu bertanya-tanya bukan, apa yang membuat cabe itu menjadi pedas dan panas? Hal ini dikarenakan cabe mengandung capsaicin yang memberikan rasa pedas. Walaupun anda penggemar setia makanan pedas, pasti ada saatnya anda terlalu banyak memakan cabe dan merasakan kepedasan yang teramat sangat dan tidak mampu menahannya.
Anda tentu saja langsung mencari segelas air dingin untuk meredakan rasa pedas dan panas di mulut anda, tetapi apakah benar air dapat meredakan rasa pedas?
Meneguk segelas air es terdengar seperti cara terbaik untuk mengurangi rasa pedas dan terbakar yang berasal dari makanan pedas, tetapi cara ini tidak banyak membantu mengurangi rasa pedas. Rasa pedas dan panas pada lada, cabe dan makanan pedas lainnya berbaur dengan minyak yang digunakan untuk memasaknya. Ketika Anda makan makanan pedas, minyak ini melekat pada mulut dan lidah dan minyak tidak larut dalam air, bahkan air dingin, sehingga anda tetap saja merasakan kepedasan.
Meskipun capsaicin tidak cocok dengan air, capsaicin akan larut dalam alkohol. Di sisi lain, bukanlah hal yang baik minum minuman beralkohol hanya untuk mengurangi rasa pedas. Minuman yang lebih baik untuk mengurangi rasa pedas pada makanan pedas adalah susu.
Cara lain untuk mengurangi rasa pedas pada makanan adalah makan sesendok yogurt. Susu bekerja efektif untuk melawan efek pembakaran capsaicin. Jika Anda makan makanan pedas di restoran padang, campuran manis yogurt, susu, dan mangga merupakan kombinasi yang sempurna untuk menenangkan mulut yang terbakar karena makanan yang pedas. Jadi, jangan lagi minum air dingin ketika kepedasan, karena susu lebih efektif dan lebih cepat mengurangi rasa pedas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar