Minggu, 06 November 2011

Gejala Menopause Bisa Dialami Perempuan Muda

ADA suatu kondisi hormonal yang biasa ditemui pada perempuan menopause kini bisa terjadi pada sejumlah besar perempuan yang jauh lebih muda. 

Kondisi yang dikenal sebagai hyperostosis frontalis interna (HFI) ini sekarang semakin menyerang perempuan lebih awal dan lebih sering jika dibandingkan dengan kaum hawa satu abad lalu, kenapa? 

Perempuan saat ini 2,5 kali lebih mungkin untuk mengalami HFI daripada kaum perempuan 100 tahun yang lalu, menurut studi oleh Tel Aviv University. HFI terjadi ketika ketidakseimbangan hormon menyebabkan pertumbuhan lesi, atau massa tulang, pada tengkorak, menurut laporan American Journal of Human Biology

Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala kronis, penambahan berat badan, dan penyimpangan tiroid. Itu semua diduga berakar pada gaya hidup, kesuburan, gizi, dan lingkungan. 

Keseimbangan ini akan diubah oleh hormon yang kita konsumsi dalam makanan kita dan dengan perubahan pola kesuburan, seperti memiliki anak, menurut pernyataan Tel Aviv. Jumlah hormon pun perempuan berubah sehingga memengaruhi kondisi fisik. 

Hershkovitz dan timnya mendapatkan hasil itu setelah membandingkan 992 tengkorak perempuan bersejarah dari koleksi museum berusia 20 sampai 90 tahun dengan hasil CT scan 568 peserta yang berusia antara 20 dan 103 tahun.

Penulis : Prita Daneswari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar