Rabu, 28 September 2011

Arti SPF di Tabir Surya

Kenali Kandungan SPF
Tinggal di Negara tropis seperti Indonesia berarti berteman dengan sinar matahari sepanjang tahun. Salah satu keuntungan kita adalah bisa pakai tank-top di segala musim, yak kan? Tapi… hati-hati bermain terlalu lama di bawah sinar matahari. Jika tidak terlindungi kulit akan terbakar sinar matahari, warna kulit akan menjadi gelap dan kusam. Kalau nekat terus menerus terpanggang matahari tanpa perlindungan, kanker kulit bisa menyerang.

Jadi jangan lupa untuk selalu melindungi kulit dengan tabir surya dikenal juga dengan istilah sunscreen atau sunblock yang mengandung UV protection. Kandungan penting dalam tabir surya adala SPF. Kenali arit kata dan arti jumlah SPF agar perlindungan yang diberikan bisa optimal.

SPF kependekan dari Suncreen Protection Factor atau faktor pelindung dari sinar matahari. Setiap produk kosmetik dan tabir surya biasanya mencantumkan angka yang menunjukkan tingkat SPF, misalnya SPF 15, SPF 30, dan seterusnya. Tingkatan SPF menentukan waktu aman bagi kulit untuk terkena sinar matahari.
Misalnya tabir surya dengan SPF 15 berarti kulit akan terlindungi selama 15 kali lebih lama dari daya tahan alami kulitmu. Nah, artinya jika kulit kamu biasanya mengalami kemerahan setelah 10 menit berjemur sinar matahari maka dengan memakai tabir surya SPF 15, kulit kamu aman selama 15×10 menit yaitu 150 menit.
SPF tersedia dari angka 2 hingga 60. Namun tidak berarti semakin tinggi angka SPF akan bekerja sesuai kelipatan angka tersebut. Misalnya beberapa fakta menyebutkan bahwa SPF 50 hanya bisa memberi proteksi sekitar 1%-2% lebih banyak dibanding SPF 30. Tapi ya, tetap lebih banyak perlindungan di dapat dengan SPF yang lebih tinggi. Yang perlu diingat adalah SPF hanya berlaku untuk melindungi terhadap radiasi sinar UV-B saja.
Sinar UV adalah singkatan dari radiasi sinar ultraviolet dari matahari yang masuk ke bumi. Dibedakan berdasarkan jangkauan radius A, B dan C (UV-A, UV-B, dan UV-C). Normalnya, UV-C dapat dihambat secara efektif oleh lapisan ozon. Sedangkan UV-A dan UV-B bisa terus masuk ke permukaan bumi. Kedua jenis radiasi inilah yang umumnya dapat ditahan oleh produk tabir surya.
Apakah memilih tabir surya cukup hanya mengetahui kandungan SPFnya? Kenali jenis tabir surya di artikel Tips Memilih Tabir Surya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar