Rabu, 28 September 2011

Tips Memakai Tabir Surya

Senang beraktifitas di alam bebas? Jangan lupa lindungi kulitmu dari radiasi sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet yang masuk ke bumi dalam radius A, B dan C (UV-A, UV-B, dan UV-C). Namun, UV-C dapat dihambat secara efektif oleh lapisan ozon. Sedangkan UV-A dan UV-B bisa masuk ke permukaan bumi meski juga telah disaring oleh atmosfer bumi. Radiasi UV-A menembus kulit lebih dalam daripada UV-B, sehingga bisa menyebabkan kanker kulit
Agar tabir surya yang kamu pakai dapat bekerja dengan efektif, perlu diperhatikan hal-hal berikut:
Pilih surya dengan SPF 15 atau lebih jika kamu beraktivitas di luar dan terpapar sinar matahari secara langsung. Jika kamu berkulit putih kamu membutuhkan tabir surya yang lebih tinggi angka SPF-nya dibandingkan dengan yang berkulit gelap.
Oleskan krim tabir surya 20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Biarkan tabir surya menyerap dan siap bekerja sebelum kamu beraktivitas di luar ruangan. Ulangi lagi setelah 20 menit terpapar sinar matahari. Kemudian oleskan tabir surya setiap 2 jam sekali terutama jika kamu berenang atau berkeringat.
Jika kamu menggunakan tabir surya dengan label tahan air sebaiknya diulangi setiap 40 menit.
Oleskan krim tabir surya pada bagian tubuh dan wajah yang terpapar sinar matahari. Semua bagian wajah seperti hidung, telinga, belakang leher. Terutama hidung merupakan bagian yang paling banyak terpapar sinar matahari.
Kosmetik yang kamu kenakan mungkin mengandung SPF. Namun pemakaian bedak yang tipis tidak dapat melindungi kulit wajah. Sebaiknya tetap memakai produk tabir surya. Toh kamu tak mungkin memakai bedak tebal-tebal kan?
Perhatikan jenis kulitmu sebelum membeli produk tabir surya. Untuk kulit berminyak bentuk gel lebih cocok sedangkan kulit kering lebih cocok dengan tabir surya bentuk krim.
Pilih tabir surya yang bebas PABA atau Para-aminobenzoic acid. PABA bisa membuat alergi pada kulit. PABA cenderung membuat kulit teriritasi, kemerahan, dan makin sensitif terhadap sinar surya.
Terakhir, selalu memeriksa umur kedaluwarsa tabir surya. Selain bisa mempengaruhi kesehatan kulit, perlindungan dari produk kadaluarsa sudah tidak efektif lagi.
Sekarang kamu siap bersenang-senang di bawah matahari!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar