Jumat, 02 September 2011

Camilan Sehat untuk Bumil



Ibu hamil (bumil) boleh saja ngemil, tapi pastikan camilannya sehat dan bernutrisi. Variasikan saja menu camilan dengan salah satu dari makanan berikut yang juga menunjang pertumbuhan janin dalam kandungan.

1. Kacang mete
Kacang mete memiliki rasa gurih dan empuk, cocok sebagai camilan. Kandungan nutrisi kacang mete juga baik karena kaya protein yang dibutuhkan untuk membangun sel-sel janin. Selain juga kaya zat besi untuk membangun pembentukan sel darah merah dan sel otot, kacang mete juga kaya serat yang baik untuk menghindari sembelit. Namun, jangan konsumsi berlebihan, cukup 1,5 sendok makan per hari. Bisa digoreng, tetapi sebaiknya jangan pakai garam.

2. Roti gandum utuh
Setangkup roti gandum untuh mengandung 600 kalori. Jadi, cukup untuk memenuhi kebuthan tambahan kalori selama hamil. Roti yang kaya magnesium ini membantu untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium supaya bisa menambah kepadatan dan memperkokoh struktur tulang di kecil dalam kandungan. Roti gandum utuh juga mengandung nutrisi seng yang tentunya bermanfaat dalam membantu pertumbuhan sel-sel janin. Roti gandum baik dikonsumsi satu tangkup per hari dengan paduan keju, garlic butter, dan sayuran, seperti tomat dan mentimun.

3. Telur
Telur kaya vitamin D dan protein, dan baik untuk membangun daya tahan tubuh serta membantu penyerapan kalsium. Telur juga mengandung vitamin A, B kompleks dan sejumlah mineral seperti zat besi, fosfor, kalsium, dan sodium. Konsumsi telur sebagai camilan satu butir sehari. Bisa dimasak dengan cara direbus atau dicampurkan dengan salad. Kuning telur juga bisa dijadikan bahan dressing salad dinikmati bersama minyak zaitun.

4. Bayam
Bayam kaya kandungan serat, protein, dan zat besi. Mengonsumsi bayam yang kaya asam folat dapat mencegah janin mengalami spina bifida atau kelainan pada tabung saraf. Mengonsumsinya cukup satu mangkuk per hari.

5. Ubi manis
Makanan khas Indonesia, yaitu ubi manis, kaya vitamin A. Vitamin A berguna bagi bumil untuk pertumbuhan sel-sel tubuh dan sistem kekebalan tubuh janin. Ubi manis juga kaya akan beta karoten yang akan diolah tubuh menjadi vitamin A, serta kaya retinol sebagai salah satu jenis vitamin B. Mengonsumsinya cukup satu butir ukuran sedang per hari. Cara memasaknya bisa dengan dipanggang atau direbus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar